Buku Ajar Etika Periklanan

Situmeang, Ilona V. Oisina, ed. (2015) Buku Ajar Etika Periklanan. ISBN: 978-979-882-387-9 . UMJ Pres, Jakarta.

[img] Text
1. Etika PeriklaNaN.pdf

Download (8MB)

Abstract

DAFTAR TABELTabel 1 Kaidah dan Norma 9 Tabel 2 Profil Katagori Media Utama 23 Tabel 3 Penulisan Naskah/Script Iklan Media Radio 50 Tabel 4 Penulisan Naskah/Script Iklan Media Televisi 52 Tabel 5 Karakteristik Kegiatan Promosi 64 Tabel 6 Efektifitas dan Karakteristik Kegiatan Bauran Promosi 65 Tabel 7 Perbedaan Periklanan dan Promosi Penjualan 65 v DAFTAR BAGAN Bagan 1 Saluran Komunikasi 22 vi KATA PENGANTARPuji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas karuniaNya, penulisan buku Etika Periklanan ini dapat diselesaikan. Materi buku ini adalah rangkuman dari beberapa materi matakuliah bidang Periklanan yang penulis ampu. Buku ini dilengkapi dengan berbagai contoh iklan yang telah beredar beberapa waktu lalu ataupun yang masih beredar di berbagai media massa yang ada di masyarakat. Contoh-contoh iklan tersebut sifatnya hanya melengkapi untuk mempermudah mahasiswa dan pembaca lainnya memahami materi yang sedang dibahas dan bukan untuk menjatuhkan atau merendahkan suatu produk terhadap produk kompetitor lainnya. Tanpa dipungkiri, di era teknologi komunikasi dan informasi seperti saat ini, hampir semua sisi kehidupan manusia di kelilingi oleh hadirnya iklan. Iklan hadir sejak manusia bangun tidur di pagi hari, hingga manusia mau tidur lagi di saat malam hari. Kegiatan periklanan hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran yang dikemas sangat menarik agar dapat mempengaruhi pola konsumsi konsumen dan atau calon konsumen yang melihatnya. Untuk itu, sebagai konsumen dan atau calon konsumen, dalam kehidupan sehari-hari kita harus dapat berhati-hati bila ingin membeli suatu produk yang iklannya beredar luas di masyarakat.“Proses penyusunan berbagai lambang komunikasi yang dijadikan pesan dengan tujuan memperkenalkan, mengingatkan, dan mendorong konsumen atau calon konsumen untuk memiliki dan atau menggunakan barang atau jasa atau ide yang ditawarkan perusahaan atau perorangan (pribadi atau kelompok), yang disebarkan melalui media dengan cara membayar dalam periode waktu tertentu.” Proses penyusunan berbagai lambang komunikasi yang ada pada kegiatan Periklanan menunjukkan bahwa pesan atau message iklan pada dasarnya terdiri dari berbagai lambang komunikasi, seperti huruf, angka, warna, pakaian, ekspresi wajah, gerak-gerik, dan lainnya yang dipadukan untuk menarik perhatian dan memberi pemahaman kepada target audience.Untuk itulah dalam penyusunan pesan iklan bukan hanya isi pesan saja yang harus diperhatikan tapi juga unsur dan prinsip disain atau format pembuatan iklan tersebut juga berperanan penting.

Item Type: Book
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Dr ILONA VICENOVIE OISINA SITUMEANG
Date Deposited: 19 Mar 2020 05:18
Last Modified: 19 Mar 2020 05:18
URI: http://repository.upi-yai.ac.id/id/eprint/124

Actions (login required)

View Item View Item