Buku Corporate Social Responsibility Dipandang Komunikasi Organisasi

Situmeang, Ilona V. Oisina (2016) Buku Corporate Social Responsibility Dipandang Komunikasi Organisasi. Ekuilibria, Jogyakarta. ISBN 978-602-73096-3-0

[img] Text
1 Corporate Social Responsibility Dipandang Komunikasi Organisasi.pdf

Download (22MB)

Abstract

Di Indonesia, istilah Corporate Social Responsibility (CSR) semakin populer digunakan sejak tahun 1990-an. Beberapa perusahaan sebenarnya telah lama melakukan kegiatan-kegiatan yang berpusat pada kepedulian sosial perusahaan terhadap masyarakat, walaupun belum menamainya sebagai program CSR. Secara nyata aksinya mendekati dari program CSR yang merepresentasikan bentuk kegiatan dan kepedulian perusahaan terhadap aspek sosial dan lingkungan. Kepedulian sosial perusahaan, didasari alasan bahwa kegiatan operasional perusahaan membawa dampak negatif bagi lingkungan dan sosial-ekonomi masyarakat, sehingga diperlukan perhatian perusahaan dalam melakukan kegiatan rutin dan berkesinambungan kepada masyarakat sekitar, sebagai bentuk kepedulian perusahaan yang secara langsung dapat dinikmati oleh masyarakat. Pada awal perkembangannya, program CSR yang paling umum dilaksanakan oleh perusahaan-perusahaan adalah pemberian bantuan sosial (charity) terhadap masyarakat yang hidup di sekitar perusahaan. Pendekatan CSR yang berdasarkan pada charity dan kemanusiaan ini pada umumnya dilakukan hanya untuk mempertahankan citra positif perusahaan di mata masyarakat. Program CSR pada tataran ini hanya sekadar do good dan to look good, berbuat baik agar terlihat baik, namun dengan kegiatan charity ini tidak mampu menciptakan keberdayaan dan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar. Dewasa ini semakin banyak perusahaan yang kurang menyukai pendekatan charity, karena pendekatan ini tidak mampu menciptakan dan meningkatkan keberdayaan atau kapasitas masyarakat lokal. Perusahaan mulai melakukan kepedulian sosial ke arah pendekatan community development dan kemudian semakin banyak diterapkan karena lebih mendekati konsep empowerment dan sustainable development. Prinsip-prinsip good corporate governance, seperti fairness, transparency, accountability, dan responsibility kemudian menjadi pijakan untuk mengukur keberhasilan sebuah program CSR yang dilakukan oleh perusahaan. Pada saat ini diharapkan setiap perusahaan yang beroperasi di Indonesia wajib untuk melakukan program CSR kepada masyarakat sekitar. Agar program CSR ini dapat menjadi sebuah program sosial yang bermanfaat bagi masyarakat sebagai penerima, diharapkan setiap perusahaan memiliki divisi khusus untuk menjalankan dan mengelolah program CSR agar program yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik. Ada perusahaan yang membuat divisi khusus untuk menangani program CSR ini yang dikenal sebagai divisi CSR, namun ada juga perusahaan yang menggabungkan dalam divisi Public Relations untuk menjalankan berbagai program CSR-nya. Jika program CSR dilaksanakan oleh divisi Public Relations yang diharapkan mampu sebagai penghubung antara kepentingan perusahaan dan masyarakat. Program CSR yang baik adalah program yang berjalan sesuai dengan kebutuhan mayoritas dari masyarakat, sehingga program CSR menjadi salah satu komunikasi organisasi perusahaan yang efektif kepada masyarakat sekitar yang terencana dan berkesinambungan. Dimana melalui program CSR yang dilaksanakan diharapkan menciptakan masyarakat di sekitar perusahaan menjadi lebih berdaya dan lebih sejahtera. Diharapkan dengan beroperasinya perusahaan dalam suatu wilayah dapat menimbulkan efek pengganda yang positif bagi masyarakat sekitar. Sangat disayangkan, jika kehadiran suatu perusahaan justru menghilangkan potensi sesungguhnya dan membangun jurang pemisah antara kepentingan masyarakat dan dengan kepentingan perusahaan. Untuk menghilangkan jurang pemisah tersebut perlu dilakukan komunikasi yang efektif dan komunikasi yang dua arah (two way communication), antara perusahaan dengan masyarakat, sehingga dapat hidup secara berdampingan dan saling menguntungkan.

Item Type: Book
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Dr ILONA VICENOVIE OISINA SITUMEANG
Date Deposited: 19 Mar 2020 05:18
Last Modified: 23 Mar 2021 12:51
URI: http://repository.upi-yai.ac.id/id/eprint/128

Actions (login required)

View Item View Item