Komunikasi Organisasi Dalam Perspektif Objektif Dan Perspektif Subjektif

Situmeang, Ilona V. Oisina (2016) Komunikasi Organisasi Dalam Perspektif Objektif Dan Perspektif Subjektif. Ekuilibria, Jogyakarta. ISBN 978-602-74984-3-3

[img] Text
KOMUNIKASI ORGANISASIDALAM PERSPEKTIF OBJEKTIF dan PERSPEKTIF SUBJEKTIF.txt

Download (242kB)

Abstract

Komunikasi dalam suatu organisasi menjadi suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan, komunikasi organisasi bertujuan agar terciptanya kesamaan makna diantara pihak-pihak yang berkomunikasi. Komunikasi organisasi dapat dilakukan dengan publik internal dan eksternal perusahaan. Komunikasi dalam organisasi dilakukan bertujuan untuk menyatukan berbagai aspek untuk kepentingan dan tujuan bersama. Komunikasi organisasi internal (komunikasi dengan anggota di dalam organisasi) dapat berupa penyampaian informasi, instruksi tugas kerja dan segala hal yang terkait dengan pelimpahan tugas, dengan anggota organisasi, sedangkan komunikasi organisasi eksternal (komunikasi dengan pihak di luar organisasi) dapat berupa pengiriman dan penerimaan pesan dengan berbagai pihak eksternal untuk menjalin hubungan kerja yang harmonis. Tujuan komunikasi dalam organisasi memberikan banyak manfaat secara langsung bagi pihak-pihak yang melakukan komunikasi, yaitu memudahkan para anggota organisasi dalam bekerja dari instruksi yang diberikan atasan dan untuk mengurangi kesalahpahaman yang biasa terjadi dalam suatu organisasi. Apabila semua bawahan dan atasan dapat berinteraksi dengan baik melalui komunikasi vertikal, maka seluruh kesalahpahaman yang beresiko menimbulkan konflik akan terminimaliskan. Dalam penyampaian pesan didalam organisasi dapat dilakukan melalui komunikasi verbal dan komunikasi non verbal untuk menghindari dari kesalahpahaman. Komunikasi dalam organisasi dapat dilakukan secara langsung (face to face) ataupun dengan media komunikasi yang mendukung suatu organisasi dapat berjalan dengan maksimal, seperti melalui: buletin, surat edaran, papan pengumuman dan melalui media baru seperti email dan media sosial. Komunikasi dalam organisasi yang kondusif baik secara langsung maupun dengan menggunakan media akan membantu bawahan untuk dapat bekerja dengan maksimal. Komunikasi organisasi yang kondusif juga dapat membantu pemimpin untuk menerapkan gaya kepemimpinan yang sesuai dengan organisasi yang dipimpinnya. Berkomunikasi dan bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan akan membantu organisasi mencapai tujuan yang diharapkan.

Item Type: Book
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Dr ILONA VICENOVIE OISINA SITUMEANG
Date Deposited: 19 Mar 2020 05:19
Last Modified: 19 Mar 2020 05:19
URI: http://repository.upi-yai.ac.id/id/eprint/129

Actions (login required)

View Item View Item