PENGARUH LINGKUNGAN, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PENGGUNAAN E-COMMERCE PADA PENINGKATAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FEB UPI YAI

Sari, Bida and Rahayu, Maryati (2020) PENGARUH LINGKUNGAN, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PENGGUNAAN E-COMMERCE PADA PENINGKATAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FEB UPI YAI. Jurnal IKRA-ITH EKONOMIKA YAI, 3 (2). pp. 20-29. ISSN 2654-4946, E-ISSN 2654 7538

[img] Text
Artikel 15_IKRAITH EKONOMI Vol.3.no.2 Juli 2020_Pengaruh lingkungan_Ge 2019-20.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan, pendidikan kewirausahaan, dan penggunaan e-commerce pada peningkatan minat berwirausaha di kalangan mahasiswa. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan metode asosiatif interaktif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive samplingsebanyak 50 responden yaitu mahasiswa/i FEB UPI YAI Jakarta yang pernah mendapatkan mata kuliah kewirausahaan. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan dengan program SPSS 17.0 for windows diperoleh koefisien determinasi (adjusted r square) sebesar 0,678 artinya kontribusi variabel lingkungan, pendidikan kewirausahaandan penggunaan e-commerce terhadap variasi variabel minat berwirausaha sebesar 67,8% dan sisanya sebesar 32,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian. Berdasarkan uji t, semua variabel memiliki nilai signifikansi kurang dari 0,05, sehingga semua variaabel secara parsial berpengaruh terhadap minat berwirausaha. Uji ANOVA (uji F) diperoleh nilai signifikansi 0,000. disimpulkan bahwa lingkungan, pendidikan kewirausahaan dan penggunaan e-commerce secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa/i FEB UPI YAI Jakarta.

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: S.P,M.Si. Bida Sari
Date Deposited: 15 Dec 2020 03:03
Last Modified: 15 Dec 2020 03:03
URI: http://repository.upi-yai.ac.id/id/eprint/1635

Actions (login required)

View Item View Item