PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI DUKUNGAN SOSIAL DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA REMAJA (SISWA SMP) DI RUSUNAWA JATINEGARA BARAT

Nur Hidayah, Nur and Silaen, Sondang Maria (2019) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI DUKUNGAN SOSIAL DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA REMAJA (SISWA SMP) DI RUSUNAWA JATINEGARA BARAT. IKRA-ITH HUMANIORA : Jurnal Sosial dan Humaniora, 3 (1). pp. 46-52. ISSN 2597-5064

[img] Text
374-Nur Hidayah 2019pdf.pdf

Download (279kB)
Official URL: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-h...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar pada remaja (siswa SMP) di rumah susun sederhana sewa (RUSUNAWA) Jatinegara Barat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah dukungan sosial dan kepercayaan diri sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan menggunakan teknik probability sampling yaitu simple random sampling. Sampel yang digunakan adalah 40 remaja siswa SMP kelas 7 dan 8 yang tinggal di rusunawa Jatinegara Barat. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan Skala Likert untuk dukungan sosial dan kepercayaan diri serta nilai rapor untuk prestasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah bivariate correlation dan multivariate correlation menggunakan program SPSS for windows versi 22.00. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat hubungan ke arah positif antara dukungan sosial dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar pada remaja (siswa SMP). Kata Kunci : Dukungan Sosial, Kepercayaan Diri, Prestasi Belajar, Rumah Susun, Jatinegara Barat

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas_Psikologi > Psikologi S1
Depositing User: Dr. M.Psi Sondang Maria Silaen
Date Deposited: 14 Jan 2021 13:13
Last Modified: 14 Jan 2021 13:13
URI: http://repository.upi-yai.ac.id/id/eprint/1643

Actions (login required)

View Item View Item