Analisis Strategi Promosi On Air Program Televisi

Kencana, Woro Harkandi and Susilowardhani, Erna (2018) Analisis Strategi Promosi On Air Program Televisi. In: Media Massa di Era Disrupsi 4.0. PT Pentas Grafika, Jakarta Pusat, pp. 145-161. ISBN 978-602-1356-12-8

[img] Text
book chapter promo on air TV.pdf

Download (3MB)

Abstract

Persaingan dunia televisi dalam mendapatkan rating dan share menuntut peningkatan bentuk promosi, khususnya promosi untuk program televisi pada media mereka sendiri. Salah satu bentuk promosi yang dilakukan adalah promosi on air. Promosi on air adalah seluruh bentuk promosi program yang dilakukan oleh stasiun televisi dengan menggunakan fasilitas layar televisinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan bentuk promo on air pada televisi dalam menjaring minat audiens untuk menonton acara. Konsep-konsep yang digunakan dalam penelitian ini di antaranya adalah konsep yang berkaitan dengan manajemen penyiaran, produksi siaran, dan juga tentang promosi program. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi sebagai data primer. Peneliti juga melakukan studi literatur sebagai data sekunder. Teknik kesahihan data yang peneliti gunakan adalah authenticity, yaitu dengan memberikan keluasan kepada informan untuk menjelaskan sesuai dengan yang dialami atau dilakukan terkait dengan strateginya dalam membuat promosi on air sebuah program televisi. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa bentuk promosi on air yang dibuat adalah dalam bentuktrailer, tag on, running text, dansupper impose, Pada promo on air trailer dibutuhkan teknik editing, copy writing, dan konsep yang menarik perhatian audiens dan mengikuti trend digital saat ini.Bentuk-bentuk karya promosi on air tersebut di antaranya adalah: Promo program generik, biasa tayang 1 sampai 6 bulan; Promo program episodik, tayang sampai hari H; Promo omnibus, 1 promo terdiri dari beberapa konten program; Promo back to back, 1 promo terdiri dari 2 konten program yang jam tayang dan atau jenis programnya sama; Promo spesial, promo tema 1 bulan; Promo sponsor, promo program dengan sponsor dari program; Promo PSA/ iklan layanan masyarakat. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai strategi promosi on air agar menarik perhatian audiens sehingga audiens akan berminat untuk menonton program acara yang ditayangkan televisi. Kata kunci: promosi on air, program televisi, audiens.

Item Type: Book Section
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Woro Harkandi Kencana
Date Deposited: 03 Aug 2020 08:29
Last Modified: 03 Aug 2020 08:29
URI: http://repository.upi-yai.ac.id/id/eprint/217

Actions (login required)

View Item View Item