Diktat Kuliah Pendidikan Pancasila

Apri Emarawati, Jayanti Diktat Kuliah Pendidikan Pancasila. Perpustakaan FT UPI YAI. (Unpublished)

[img] Text
Diktat Pancasila BKD 2020 lengkap.pdf

Download (1MB)

Abstract

P E N D A H U L U A N Landasan dan Tujuan Pendidikan Pancasila Pancasila tercantum dalam pembukaan UUD’45 alinea IV merupakan atas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sesuai Tap MPR No. XVIII / MPR / 1998, tentang pencabutan P4 menetapkan pancasila sebagai dasar Negara adalah dasar Negara dari Negara kesatuan RI yang harus dilaksanakan secara konsisten dalam kehidupan bernegara. I. Landasan Historis Pada dasarnya pancasila digali dari nilai-nilai yg hidup dan berkembang semenjak lahirnya bangsa Indonesia seperti jaman sriwijaya dan majapahit. Pada masa-masa itu nilai-nilai ketuhanan seperti kepercayaan sikap toleransi. Hal ini menunjukan bahwa pancasila telah disepakati sebagai nilai yang dianggap paling tinggi kebenarannya, oleh karena itu secara historis kehidupan bangsa Indonesia tidak dapat dilepaskan dengan nilai-nilai pancasila. • Menurut pandangan orde lama : pancasila ditafsirkan dan nasionalis agama dan komunis/naskah yg disebut TRISILA dan diperas menjadi EKASILA disebut gotong royong. • Menurut pandangan orde baru : pancasila harus dihayati dan diamalkann dengan berpedoman kepada butir-butir P4 sesuai Tap MPR No.II / MPR / 78 • Menurut pandangan reformasi : dalam Tap MPR No. XVIII / MPR / 98 tentang penegasan pancasila sebagai dasar Negara yang mengandung ideologi nasional sebagai cita-cita dan Negara. II. LANDASAN KULTURIIL Pancasila sebagai kepribadian dan jati diri bangsa Indonesia merupakan pencerminan nilai-nilai yang lama tumbuh dalam kehidupan bangsa.nilai-nilai yang dirumuskan pancasila bukan perumusan satu orang tetapi pemikiran tokoh-tokoh bangsa Indonesia yang terbuka sehingga dapat memperkaya nilai-nilai pancasila sesuai perkembangan jaman. III. LANDASAN YURIDIS ( PENDIDIKAN PANCASILA ) 1. Menurut keputusan Dirjen Dikti No. 38 /Dikti / Kep / 2002 tentang rambu-rambu mata kuliah pengembangan kepribadian dan perguruan tinggi. 2. UU No. 2 / 89 tentang pendidikan nasioanal dipakai sebagai dasar penyelenggaraan “pendidikan tinggi “.Pasal 39 (2) pendidikan wajib = Pancasila, Agama, Kewarganegaraan. 3. PP NO. 60/99 Kep Mentri P&K No.30/90 menetapkan mata kuliah pancasila merupakan program wajib untuk setiap program studi. 4. Kepti Dirjen pendidikan tinggi No.256/Dikti/Kep.2000 IV. LANDASAN FILOSOFI Pancasila sebagai dasar filosofi Negara menjadi sebagai bagi segala tindakan para penyelenggara Negara dan menjadi jiwa dari perundang-undangan yang berlaku dalam kehidupan berbangsa. TUJUAN PENDIDIKAN PANCASILA  Tujuan secara nasional terdapat di Pembukaan UUD’45 alinea ke 4 • Melindungi segenap bangsa Indonesia • Memajukan kesejahteraan umum • Mencerdaskan kehidupan bangsa • Ikut melaksanakan ketertiban dunia  Menurut UU NO.2 tahun 1998 Tentang system pendidikan nasional sesuai pasal 4 bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME yang berbudi luhur dan memiliki pengetahua dan keterampilan sehat jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta bertanggung jawab kepada masyarakat dan bangsa.  Tujuan pendidikan pancasila • Dapat memahami dan mampu melaksanakan pancasila/ UUD’45 dalam kehidupan sebagai warga Negara. • Menguasai pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai masalah dari kehidupan bermasyarakat, bernegara yang hendak diatasi berlandaskan Pancasila. • Memupuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan Pancasila. • Membantu mahasiswa dalam proses belajar, proses berfikir untuk mengambil keputusan sesuai nilai-nilai beragama. Harapan setelah mempelajari pendidikan Pancasila : • Harus beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME • Berperikemanusiaan yang adil dan beradab • Mendukung persatuan bangsa • Mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan perorangan. • Mendukung upaya untuk keadilan sosial.

Item Type: Other
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: SH, MM Jayanti Apri Emarawati
Date Deposited: 27 Feb 2021 11:13
Last Modified: 27 Feb 2021 11:13
URI: http://repository.upi-yai.ac.id/id/eprint/2968

Actions (login required)

View Item View Item