Laporan Abdimas Webinar: PENINGKATAN KAPASITAS UMKM DI PASAR BISNIS ONLINE

Mahanani, Estu and Roosdiana, Roosdiana and Amdani, Amdani and Hadari, Ita Reinita Laporan Abdimas Webinar: PENINGKATAN KAPASITAS UMKM DI PASAR BISNIS ONLINE. University of Persada Indonesia YAI. (Submitted)

[img] Text
LAP AKHIR dan ST 1034_WEBINAR ABDIMAS_Penguatan Kapasitas UMKM_7Nov2020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Webinar Abdimas SERIES #3 ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan Universitas Persada Indonesia YAI sebagai salah satu wujud pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi khususnya Bidang C yaitu Pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan rutin ini untuk membantu pelaku UMKM dalam meningkatkan kapasitas yang dimiliki UMKM baik dari segi manajemen (pemasaran, keuangan dan akuntansi), organisasi maupun keabsahan legalitas hukum sehingga diharapkan bisnis pelaku UMKM dapat bertahan di masa pandemi. Perkembangan bisnis UMKM online di Indonesia saat ini harus didukung dengan pemanfaatan teknologi digital. Pelaku UMKM sendiri pun harus mampu berpikir kreatif guna mendorong kreativitas dengan menggunakan teknik digital marketing yang dapat dilakukan melalui Channel-Channel Digital Marketing. Hal ini bertujuan agar UMKM mampu menerapkan strategi pemasaran khususnya promosi digital. Untuk menciptakan kreativitas, UMKM dapat fokus pada produk kemudian menggabungkan dua hal berbeda, sesuaikan produk agar mendapatkan nilai yang lebih baik, mengubah proses menjadi memperkuat produk dan layanan prima (service excellent). Selain itu, mengembangkan UMKM dengan memanfaatkan teknologi chat bot seperti WhatsApp, IG dan lain sebagainya. Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas pemasaran UMKM dan meningkatkan penerapan penggunaan teknologi di pasar penjualan produk secara online. Langkah awal bertujuan untuk memperkenalkan solusi teknologi dalam pasar penjualan produk secara online kepada UMKM. Kegiatan selanjutnya adalah melakukan pelatihan kepada UMKM guna meningkatkan dan mengadaptasi penjualan produk melalui teknologi, melengkapi situs web UMKM tersebut menjadi instrumen untuk mempromosikan produk secara online serta menjadikan UMKM sebagai mitra pembangunan.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: MM estu Maharani
Date Deposited: 02 Mar 2021 07:04
Last Modified: 02 Mar 2021 07:04
URI: http://repository.upi-yai.ac.id/id/eprint/3054

Actions (login required)

View Item View Item