Shafira, Viola and Andjarsari, Fara Dwi Hubungan Harga Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Subjektif Well-being pada Siswa Kelas XI di SMA 9 Jakarta. Fakultas Psikologi UPI YAI. (Unpublished)
Text
Jurnal BKD Feb 2021.pdf Download (310kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan harga diri dan dukungan sosial teman sebaya dengan subjective well-being. Dalam penelitian ini menggunakan tiga variabel yaiu harga diri dan dukungan sosial teman sebaya sebagai variabel independent sedangkan subjective well-being sebagai variabel dependent. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 9 Jakarta yang berjumlah 108 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan conveinience sampling. Dalam pengumpulan data tiga variabel menggunakan skala subjective well-being sebanyak 26 item valid dan 4 item gugur, skala harga diri sebanyak 23 item valid dan 4 item gugur serta skala dukungan sosial teman sebaya sebanyak 26 item valid dan 1 item gugur. Uji Hipotesis antara harga diri dengan subjective well-being nilai r = 0,636 dan p = 0,000 maka terdapat hubungan positif yang signifikan antara harga diri dengan subjective well-being pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Jakarta. Dukungan sosial teman sebaya dengan subjective well-being nilai r = 0,494 dan p = 0,000 maka terdapat dukungan positif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan subjective well-being pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Jakarta. Harga diri dan dukungan sosial teman sebaya dengan subjective well-being dengan R= 0,640 dan R 2= 0,409 dengan dengan p < 0,05. Hal ini berarti ada hubungan yang signifikan antara harga diri dan dukungan sosial teman sebaya dengan subjective well-being
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas_Psikologi > Psikologi S1 |
Depositing User: | SPsi., Msi Fara Dwi Andjarsari |
Date Deposited: | 04 Mar 2021 07:44 |
Last Modified: | 04 Mar 2021 07:44 |
URI: | http://repository.upi-yai.ac.id/id/eprint/3265 |
Actions (login required)
View Item |