HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN KONSEP DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA REMAJA KELAS VII SMP NEGERI 256 JAKARTA TIMUR

Herdajani, Febi HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN KONSEP DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA REMAJA KELAS VII SMP NEGERI 256 JAKARTA TIMUR. Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi UPI Y.A.I. (Unpublished)

[img] Text
JURNAL Lutviah D - Febi H.-Sept 2.pdf

Download (257kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan konsep diri dengan penyesuaian diri dalam pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 pada remaja kelas VII SMP Negeri 256 Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 268 orang yang terdiri dari 143 siswa laki-laki dan 125 siswa perempuan, dengan total 9 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Convenience Sampling. Bentuk skala yang digunakan adalah skala Likert. Alat ukur yang digunakan adalah skala penyesuaian diri 39 item valid dan 5 item gugur, skala dukungan sosial 33 item valid dan 5 item gugur, serta skala konsep diri 42 item valid dan 6 item gugur. Analisis data dengan korelasi bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri sebesar 0,619 dan (p = 0,000 < 0,05) dan ada hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dengan penyesuaian diri sebesar 0,739 dan (p = 0,000 < 0,05). Selanjutnya, hasil analisis data dengan korelasi multivariat menggunakan IBM SPSS Statistics 22.0 for Windows diperoleh koefisien korelasi R = 0,744 dan taraf signifikansi (p) = 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara dukungan sosial dan konsep diri dengan penyesuaian diri dalam pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 pada remaja kelas VII SMP Negeri 256 Jakarta Timur. Hasil deskripsi data dengan melakukan kategorisasi penyesuaian diri berada pada kategori tinggi dengan skor empirik 143. Dukungan sosial berada pada kategori tinggi dengan skor empirik 101,63. Konsep diri berada pada ketegori tinggi dengan skor empirik 129,36.

Item Type: Other
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas_Psikologi > Psikologi S1
Depositing User: S.Psi,M.Si Febi Herdajani
Date Deposited: 20 Feb 2022 10:58
Last Modified: 20 Feb 2022 10:58
URI: http://repository.upi-yai.ac.id/id/eprint/5885

Actions (login required)

View Item View Item