Penelitian Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMKN 34 Jakarta Pusat

Emarawati, Jayanti Apri and Nasir, Nursina (2020) Penelitian Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMKN 34 Jakarta Pusat. .. (Unpublished)

[img] Text
Penelitian Pengaruh Pemanfaat TIK Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMKN 34.pdf

Download (6MB)

Abstract

Motif menjadi aktif pada saat-saat tertentu, terutama bila kebutuhan untuk mencapai tujuan. Dalam kegiatan belajar, motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan, menjamin kelangsungan dan memberikan arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai. Hasil belajar akan optimal kalau ada motivasi yang tepat. Penggunaan teknologi dan informasi di sekolah mempunyai manfaat yang sangat banyak dalam proses pembelajaran di sekolah karena dengan teknologi informasi, guru dapat melihat informasi-informasi terbaru maupun fenomena yang terjadi pada saat ini yang kemudian dihubungkan dengan materi pelajaran, kemudian guru juga dapat menggunakan teknologi informasi sebagai media dalam menyampaikan informasi kepada siswa, sehingga siswa menjadi termotivasi untuk belajar dan proses belajar mengajar tidak monoton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan komunikasi terhadap motivasi belajar siswa SMKN 34 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal konklusif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh suatu kesimpulan dari data-data yang telah diperoleh dan diolah menjelaskan hubungan hubungan sebab akibat antara variabel-variabel yang dibahas dalam penelitian ini. Dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang merupakan data yang diperoleh dari data responden secara langsung melalui kuesioner, kemudian data tersebut dikuantitatifkan dengan memberi skor atau angka pada masing-masing jawaban responden. Pada penelitian ini menggunakan alat pengukuran yaitu skala likert. Sugiyono (2014) mengatakan skala likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena social. Dalam penelitian ini pengumpulan data dengan menggunakan penyebaran kuesioner. Kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya dan data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa pemanfaatan TIK di kelas X multimedia SMKN 34 sudah baik, dan pemanfaatan TIK ini memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Sehingga kedepannya pemanfaatan TIK ini perlu ditingkatkan dan dilakukan juga dikelas-kelas lainnya di SMKN 34

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: SH, MM Jayanti Apri Emarawati
Date Deposited: 25 Aug 2020 06:46
Last Modified: 25 Aug 2020 06:46
URI: http://repository.upi-yai.ac.id/id/eprint/625

Actions (login required)

View Item View Item