MODUL LOBI DAN NEGOSIASI

Situmeang, Ilona V Oisina (2016) MODUL LOBI DAN NEGOSIASI. UPI YAI, Jakarta. (Unpublished)

[img] Text
Modul Lobi n nego.doc

Download (375kB)

Abstract

Dalam komunikasi bisnis, Negosiasi adalah suatu proses dimana dua pihak atau lebih yang mempunyai kepentingan yang sama atau bertentangan, bertemu dan berbicara untuk mencapai suatu kesepakatan. Perbedaan kepentingan memberikan alasan terjadinya suatu titik temu dan dasar motivasi untuk mencapai kesepakatan baru. Sama seperti lobby, negosiasi pada dasarnya tidak dapat dihilangkan dari kehidupan sehari hari. Setiap orang pada dasarnya selalu melakukan negosiasi dengan orang lain agar kepentingannya dapat tercapai. Negosiasi pada dasarnya merupakan kegiatan tawar menawar yang dilakukan oleh dua pihak agar kepentingan masing-masing dapat terakomodasi dengan baik. Negosiasi karena itu merupakan proses untuk mencapai kesepakatan antara dua pihak. Misalnya, Saat seorang calon karyawan melakukan proses tawar menawar gaji juga merupakan bagian dari proses negosiasi. Negosiasi pada dasarnya merupakan proses untuk mencapai suatu titik temu. Dengan demikian negosiasi adalah alat ataupun sarana bagi dua pihak untuk saling mempengaruhi. Mc Cormack dalam bukunya On Negotiating (1995) menyebutkan bahwa negosiasi merupakan suatu proses untuk memperoleh hal hal yang terbaik pada saat pihak lain mulai bertindak sesuai dengan kepentingannya (Negotiating is the process of getting the best terms once the other side starts to act on their interest).

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Dr ILONA VICENOVIE OISINA SITUMEANG
Date Deposited: 19 Mar 2020 05:18
Last Modified: 19 Mar 2020 05:18
URI: http://repository.upi-yai.ac.id/id/eprint/71

Actions (login required)

View Item View Item