PenyuluhanManajemen,Komunikasi Digital, dan Branding UsahaPertanian, Peternakan, dan UMKM Desa Pringkasap Kabupaten Subang

Imran, Maharani and Kabul, Eka Rakhmat and Bida, Sari and Shafenti, Shafenti and Wahyuni, Nur and Mahzumi, Mahzumi and Rinaldi, Rinaldi (2023) PenyuluhanManajemen,Komunikasi Digital, dan Branding UsahaPertanian, Peternakan, dan UMKM Desa Pringkasap Kabupaten Subang. IKRATH-ABDIMAS, 6 (1). pp. 24-31. ISSN 2654-7546

[img] Text
View of Penyuluhan Manajemen, Komunikasi Digital, dan Branding Usaha Pertanian, Peternakan, dan UMKM Desa Pringkasap Kabupaten Subang_compressed.pdf

Download (490kB)
Official URL: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-A...

Abstract

ABSTRAK Pengetahuan dan pemahaman mengenai manajemen agribisnis dan pemanfaatan teknologi komunikasi digital sangat diperlukan dibidang pertanian dan UMKM desa. Berbagai cara dapat dilakukan untuk memberdayakanpetani dan pelaku UMKM, dosen-dosen Universitas Persada Indonesia YAI melakukan penyuluhan mengenai manajemen agribisnis, komunikasi digital, dan branding agar petani dan pelaku UMKM memiliki kemampuan memperluas usaha hingga ke pasar lokal, nasional, atau internasional. Petani dan pelaku UMKM diberikan motivasi untuk menggunakan media komunikasi digital seperti media sosial, website, aplikasi smart phone dan lain-lain. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa penyuluhan kepada 31 petani, dan pelaku UMKM di Desa Pringkasap Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalahadanya peningkatan pengetahuan mengenai pentingnya manajemen agribisnis, komunikasi digital, dan branding dalam mengkomunikasikan produk serta merek secara berkelanjutan. Saran dari hasil kegiatan ini adalah perlunya pelatihan lanjutanmengenai manajemen agribisnis, komunikasi digital, dan branding tidak hanya menggunakan metode penyuluhan namun juga dengan metode simulasi dengan menggunakan bahan dan alat yang lengkap dan dapat diaplikasikan langsung di lokasi usaha, pelaku usaha perlu diberikan simulasi dalam menggunakan aplikasi komputer dansmart phone dan diperlukan pembentukan forum khusus pengembangan usaha. Kata kunci : Pengabdian masyarakat, UMKM, manajemen agribisnis, komunikasi digital, dan branding

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Dr. Ir. Eka Rakhmat Kabul, M.Si
Date Deposited: 18 Feb 2023 15:39
Last Modified: 18 Feb 2023 15:39
URI: http://repository.upi-yai.ac.id/id/eprint/7642

Actions (login required)

View Item View Item