PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN, KUALITAS PELAYANAN DAN MOTIVASI WISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DAN IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS WISATAWAN

Nana Trisnawati, Nana (2021) PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN, KUALITAS PELAYANAN DAN MOTIVASI WISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DAN IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS WISATAWAN. Doctoral thesis, UPI YAI.

[img] Text
disertasi terbuka Jan.pdf

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya minat masyakarat berkunjung ke museum yang diindikasikan sebagai loyalitas wisatawan yang rendah , diduga disebabkan oleh faktor komunikasi pemasaran , kualitas pelayanan , motivasi wisatawan dan kepuasan yang relative masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Komunikasi Pemasaran, Kualitas Pelayanan , Motivasi Wisata dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Loyalitas Wisatawan Museum Kota Tua Jakarta baik secara sendiri sendiri ( parsial ) maupun secara bersama sama. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey deskriptif dan survey eksplanatori . Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan nusantara yang berkunjung ke museum kota Tua Jakarta. Sampel sebesar 235 responden . serta metode analisis data yang digunakan adalah SEM ( Struktural Equation Modeling ). Berdasarkan hasil penelitian, didapat temuan penelitian sebagai berikut : komunikasi pemasaran , Kualitas Pelayanan dan Motivasi Wisata secara bersama sama memberikan kontribusi sebesar 55% terhadap Kepuasan wisatawan Museum Kota Tua Jakarta. Kontribusi dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini sebesar 45 %. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap Kepuasan wisatawan adalah Kualitas Pelayanan. Komunikasi Pemasaran, Kualitas pelayanan . Motivasi Wisata dan Kepuasan wisatawan secara bersama sama memberikan kontribusi sebesar 88% terhadap Loyalitas wisatawan. Kontribusi dari variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini sebesar 12%. Variabel yang paling doniman berpengaruh terhadap Loyalitas wisatawan adalah variable Kepuasan wisatawan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Kepuasan wisatawan merupakan variable full mediating terhadap Loyalitas Wisatawan Museum Kota Tua Jakarta.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Manajemen S3
Depositing User: Dra Nana Trisnawati
Date Deposited: 11 Apr 2023 07:09
Last Modified: 11 Apr 2023 07:09
URI: http://repository.upi-yai.ac.id/id/eprint/8125

Actions (login required)

View Item View Item