AUDIENCE MEASUREMENT ONLINE PADA TELEVISI (Studi Deskriptif Pada Aplikasi Net. Connect Di Stasiun Televisi Net.)

Kencana, Woro Harkandi and Mucharam, Achmad (2016) AUDIENCE MEASUREMENT ONLINE PADA TELEVISI (Studi Deskriptif Pada Aplikasi Net. Connect Di Stasiun Televisi Net.). IKON Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, XVI (3). pp. 260-270. ISSN 1978-6972

This is the latest version of this item.

[img] Text
IKON Desember 2016.pdf ok.pdf

Download (752kB)

Abstract

Peringkat progam atau rating menjadi hal yang sangat penting bagi pengelola stasiun televisi swasta. Keberhasilan penjualan barang dan jasa melalui iklan sebagian besar ditentukan oleh banyaknya audiensi yang dimiliki suatu program. Sehingga laporan rating memiliki peran yang menentukan bagi stasiun televisi. Di Indonesia survei kepemirsaan televisi sebagai audience measurement kini diselenggarakan oleh AGB Nielsen Media Research (AGB NMR). Lembaga survei ini menjadi satu-satunya tolak ukur yang dipakai oleh media penyiaran di Indonesia televisi maupun radio. Sejalan dengan perkembangan teknologi salah satu televisi swasta nasional di Indonesia menciptakan alternatif audience measurement dalam bentuk aplikasi online. Net TV membuat aplikasi dengan nama Net. Connect. Net TV menggabungkan kekuatan siaran gratis (free to air) dengan digital lewat aplikasi Net Connect.Dengan demikian pertanyaan penelitian ini adalah “Bagaimana audience measurement yang digunakan Net TV melalui aplikasi Net.Connect?” Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif karena penulis ingin menggambarkan aplikasi Net.Connect sebagai audience measurement secara online. Khususnya audience yang menyaksikan progam-progam Net.TV. Hasil penelitian ini menjelaskan Audience measurement online pada Net TV dengan menggunakan aplikasi Net.Connect. Merupakan riset terhadap khalayak dengan berinteraksi langsung secara online dengan audience untuk mengetahui keberhasilan program pada saat ditayangkan di stasiun televisi.Audience measurement ini merupakan alternatif selain riset rating yang hasilnya bisa langsung diketahui real time oleh pihak stasiun televisi. Audience measurement online pada Net.Connect sesuai dengan karakteristik media baru menurut Dennis McQuail sebagai interpersonal communication media, interactive play media, information search media, collective participatory media dan substitution of broadcasting media .

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Woro Harkandi Kencana
Date Deposited: 03 Aug 2020 08:29
Last Modified: 03 Aug 2020 08:29
URI: http://repository.upi-yai.ac.id/id/eprint/218

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item