Peer Review Jurnal Tentang Korelasi Komunikasi Interpersonal Efektif dan Kualitas Layanan Tim Media Terhadap Kepuasan Pasien

Situmeang, Ilona V. Oisina (2018) Peer Review Jurnal Tentang Korelasi Komunikasi Interpersonal Efektif dan Kualitas Layanan Tim Media Terhadap Kepuasan Pasien. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, Surabaya.

[img] Image
Prof Anwar -1.jpeg

Download (99kB)
[img] Image
Prof Ibnu -1.jpeg

Download (109kB)
Official URL: https://jki.uinsby.ac.id/index.php/jki/article/vie...

Abstract

Komunikasi interpersonal yang efektif antara tim medis dengan pasien merupakan salah satu cara untuk dapat membantu penyembuhan penyakit yang diderita oleh pasien. Memberikan pelayanan yang prima untuk pasien dan keluarga akan menciptakan kepuasan bagi pasien saat berobat. Teori yang digunakan adalah teori Penetrasi Sosial. Dalam penelitian ini dilakukan di RS Caludia Bagan Batu Riau dengan sampel penelitian sebanyak 96 responden. Didapatkan hasil korelasi yang kuat antara variabel komunikasi interpersonal terhadap variabel kepuasan pasien sebesar 0,805 dan korelasi yang sedang antara variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien sebesar 0,639. Ada pengaruh yang kuat antara komunikasi intepersonal dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien sebesar 87,8%. Ditemukan dalam F tabel sebesar 3,35 jadi F Hitung > F Tabel, 411.080 > 3,35. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, yang menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien. Key word: Komunikasi interpersonal, kualitas pelayanan dan kepuasan pasien.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities
Depositing User: Dr ILONA VICENOVIE OISINA SITUMEANG
Date Deposited: 07 Feb 2021 05:45
Last Modified: 07 Feb 2021 05:45
URI: http://repository.upi-yai.ac.id/id/eprint/2379

Actions (login required)

View Item View Item