PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL, HARGA DIRI DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA SISWA SMAN “ X” DI JAKARTA

Sri, Sintawati (2014) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL, HARGA DIRI DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA SISWA SMAN “ X” DI JAKARTA. Masters thesis, Universitas Persada Indonesia YAI.

[img] Text
Tesis Sri Sintawati.pdf

Download (327kB)

Abstract

Psychological well-being adalah kondisi psikologis siswa yang mampu mengembangkan kemampuan dan potensi dirinya serta memiliki penerimaan diri yang positif dalam hubungannya dengan lingkungan sehingga mempengaruhi kebahagiaan lahir dan batin. Psychological wellbeing yang positif penting bagi siswa karena dengan PWB yang positif siwa mampu menjalankan fungsi psikologisnya dengan baik sehingga akan mempengaruhi proses belajar dalam pencapaian prestasi yang positif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial, harga diri dan iklim sekolah terhadap psychological well-being siswa kelas XI di SMAN”X” di Jakarta Pusat. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN”X” yang merupakan salah satu SMA Negeri unggulan di Jakarata Pusat, yang berjumlah 100 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik kluster random sampling. Analisis instrumen menggunakan Cronbach’s Alpha diperoleh reliabilitas masing-masing variabel adalah: psychological wellbeing 0,701, dukungan sosial 0,843, iklim sekolah 0,807 dengan menggunakan skala Likert (rentang 1-5) dan variabel harga diri (0,678) menggunakan skala Semantic Differencial (rentang 1-7). Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dukungan soial terhadap pshychological well-being siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,494 signifikansinya 0,000 (23,6%) dan iklm sekolah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pshychological well-being siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,042 dengan signifikansi 0,017 (4,3%). Harga diri dalam penelitian ini tidak mempunyai pengaruh yang signifikan trhadap psychological wellbeing yaitu korelasi sebesar 0,141 dan nilai signifikannya sebesar 0,165.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Depositing User: Jafar Octo Fernas
Date Deposited: 31 Aug 2021 10:37
Last Modified: 31 Aug 2021 10:37
URI: http://repository.upi-yai.ac.id/id/eprint/4366

Actions (login required)

View Item View Item