PENGARUH LINGKUNGAN, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PENGGUNAAN E-COMMERCE PADA PENINGKATAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FEB UPI YAI

Sari, Bida and Rahayu, Maryati (2020) PENGARUH LINGKUNGAN, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PENGGUNAAN E-COMMERCE PADA PENINGKATAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FEB UPI YAI. IKRAITH-EKONOMIKA Vol 3 No 2 Bulan Juli 2020 Published: 2019-11-15 Articles, 3 (2). pp. 20-29. ISSN 2654-4946

[img] Text
Penelitian Maryati_Bidasari.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-E...

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan, pendidikan kewirausahaan, dan penggunaan e-commerce pada peningkatan minat berwirausaha di kalangan mahasiswa. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan metode asosiatif interaktif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling sebanyak 50 responden yaitu mahasiswa/i FEB UPI YAI Jakarta yang pernah mendapatkan mata kuliah kewirausahaan. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan dengan program SPSS 17.0 for windows diperoleh koefisien determinasi (adjusted r square) sebesar 0,678 artinya kontribusi variabel lingkungan, pendidikan kewirausahaan dan penggunaan e-commerce terhadap variasi variabel minat berwirausaha sebesar 67,8% dan sisanya sebesar 32,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian. Berdasarkan uji t, semua variabel memiliki nilai signifikansi kurang dari 0,05, sehingga semua variaabel secara parsial berpengaruh terhadap minat berwirausaha. Uji ANOVA (uji F) diperoleh nilai signifikansi 0,000. disimpulkan bahwa lingkungan, pendidikan kewirausahaan dan penggunaan e-commerce secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa/i FEB UPI YAI Jakarta. Kata kunci : Kewirausahaan, Lingkungan, Pendidikan Kewirausahaan, E-commerce, Minat Berwirausaha. ========================================================================================= ABSTRACT This study aims to determine the effect of the environment, entrepreneurship education, and the use of e-commerce on increasing entrepreneurial interest among students. This research is study case with the interactive-associative method. The sampling technique is done by purposive sampling of 50 respondents from students of FEB UPI YAI Jakarta who has taken entrepreneurship subject. Based on data processing performed with the SPSS 17.0 for windows program, the coefficient of determination (adjusted r square) of 0.678 means that the contribution of environmental variables, entrepreneurship education and the use of e-commerce to the variable variations in entrepreneurship interest is 67.8% and the remaining 32.2% influenced by other factors not included in the study. Based on the t test, all variables have a significantion value of less than 0.05, so that all variables partially affect entrepreneurial intentions. ANOVA test (F-test) obtained a significance value of 0,000. It was concluded that the environment, entrepreneurship education, and the use of e-commerce together had a significant effect on entrepreneurial interest of students of FEB UPI YAI Jakarta. Keywords : Entrepreneurship, Environment, Entrepeneurship Education, Use of E-commerce, Entrepreneurial Interest.

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: SE, MM Maryati Rahayu -
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:06
Last Modified: 24 Aug 2020 07:06
URI: http://repository.upi-yai.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item View Item