Kebahagiaan Sebagai Moderator Pengaruh Bersyukur Terhadap Kesejahteraan Psikologis Santriwati Di Masa Pandemi

Rihardini Sundari, Arie Kebahagiaan Sebagai Moderator Pengaruh Bersyukur Terhadap Kesejahteraan Psikologis Santriwati Di Masa Pandemi. Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi UPI Y.A.I. (Unpublished)

[img] Text
Kebahagiaan Sebagai Mediator Pengaruh Bersyukur Terhadap PWB.docx.pdf

Download (764kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh bersyukur terhadap kesejahteraan psikologis santriwati yang dimediasi oleh kebahagiaan. Populasi penelitian adalah kelas XI SMK Pondok Pesantren Al-Amanah Tangerang Selatan yang berjumlah 50 orang santriwati, dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh (sensus). Pada penelitian ini kesejahteraan psikologis merupakan dependent variable, bersyukur merupakan independent variable dan kebahagiaan merupakan intervening variable. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kebahagiaan, skala bersyukur, dan skala kesejahteraan psikologis dengan model skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh langsung bersyukur melalui kebahagiaan terhadap kesejahteraan psikologissebesar -0,102, dan pengaruh tidak langsung bersyukur melalui kebahagiaan terhadap kesejahteraan psikologis sebesar 0,156 (0,261 x 0,600). Dengan demikian pengaruh total yang diberikan bersyukur terhadap kesejahteraan psikologis adalah 0,054 (-0.102+ 0,156), dimana pengaruh tidak langsung lebih besar dari pengaruh langsung. Bersyukur dan Kebahagiaan memberikan kontribusi sebesar 33,8 % terhadap kesejahteraan psikologis santriwati di masa pandemi, dimana 66,2 % disumbangkan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Other
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas_Psikologi > Psikologi S1
Depositing User: S.Psi,M.Si Arie Rihardini Sundari
Date Deposited: 13 Aug 2022 12:41
Last Modified: 13 Aug 2022 12:41
URI: http://repository.upi-yai.ac.id/id/eprint/6525

Actions (login required)

View Item View Item