Nurzaman, Fahrul (2022) Membangun Aplikasi Gamylish Dengan Menerapkan Metode Gamification Untuk Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal IKRA-ITH INFORMATIKA, 6 (1). pp. 156-164. ISSN 2654-8054
Image
Ikraith_Maret2022.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Sarana pembelajaran untuk menuntut ilmu terutama Bahasa Inggris tidak harus dilaksanakan dalam bentuk kelas atau secara formal. Perubahan teknologi yang luar biasa, berdampak pada perencanaan untuk membuka jalan baru dalam hal pendidikan. Maka diperlukannya sebuah pengalaman belajar yang dapat menarik perhatian motivasi belajar siswa salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi internet dengan penerapan metode Gamification. Gamification merupakan suatu pendekatan yang dikembangkan untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik dengan memasukkan elemen design game pada konsep non game. Maka itu dikembangkan sebuah Aplikasi Gamylish yang merupakan aplikasi berbasis web yang berguna untuk evaluasi pembelajaran bahasa Inggris untuk para siswa dengan menerapkan metode Gamification. Berdasarkan hasil pengujian dari perhitungan akhir kuesioner yang dilakukan terhadap 20 responden, didapatkan hasil uji coba sebesar 87,38% yang membuktikan pengguna Sangat Setuju bahwa aplikasi Gamylish sudah memenuhi kriteria yang mereka inginkan dan aplikasi ini telah berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan. Dengan adanya pengembangan aplikasi ini, diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dan minat bagi siswa yang ingin mulai mempelajari bahasa Inggris serta mengembangkannya lebih dalam lagi. Kata kunci : E-Learning, Gamification, Bahasa Inggris
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Fahrul Fahrul Nurzaman |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 23:36 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 23:36 |
URI: | http://repository.upi-yai.ac.id/id/eprint/6774 |
Actions (login required)
View Item |