HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA KELAS XII SMA NEGERI 107 JAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-19

Ayis, Jihan Ayis and Roesadi, Dian Ariyana HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA KELAS XII SMA NEGERI 107 JAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Psikologi.

[img] Text
JURNAL JIHAN.docx

Download (149kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan kemandirian belajar pada kelas XII SMA Negeri 107 Jakarta di masa pandemi covid-19. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 107 kelas XII yang jumlah 251 dengan sampel sebanyak 111 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah conveinience sampling. Dalam pengumpulan data dua variabel menggunakan skala kemandirian belajar sebanyak 21 item valid dan 11 item gugur, skala kepercayaan diri sebanyak 24 item valid dan 6 item gugur. Teknik analisis data yang digunakan adalah bivariate correlation menggunakan program SPSS for windows 22.0. hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan dengan arah positif antara kepercayaan diri dengan kemandirian belajar dimana koefesien korelasi sebesar R = 0,404. Sumbangan efektif kepercayaan diri dengan kemandirian belajar sebesar 16,4% sedangkan 83,6% merupakan kontribusi dari faktor-faktor lainnya.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas_Psikologi
Depositing User: Dian Ariyana Roesadi
Date Deposited: 05 Sep 2021 10:24
Last Modified: 05 Sep 2021 10:24
URI: http://repository.upi-yai.ac.id/id/eprint/4518

Actions (login required)

View Item View Item